Senin, 24 Agustus 2015

PYD - OMK Mandir, OMK Berdikari

OMK sedekanat Pontianak mulai dari bulan Agustus hingga Oktober 2015 ini sedang merayakan pesta kepemudaan di Parokinya masing-masing. Kegiatan Pontianak Youth Day (PYD) ini dipersiapkan OMK yang ada di 10 Paroki di Pontianak. Puncak PYD yakni HOMKAP 2015 (Hari Orang Muda Katolik Keuskupan Agung Pontianak 2015) dilaksanakan di Nyarumkop pada bulan Oktober 2015 sekaligus perayaan 100 tahun Persekolahan Nyarumkop. Dimulai di minggu pertama di Paroki Bunda Maria Jeruju (BMJ) dikolaborasikan bersama OMK dari Paroki Maria Ratu Pencinta Damai (MRPD). Ada alasan kuat mengapa OMK MRPD harus berkolaborasi bersama OMK BMJ. Seperti yang kita ketahui bahwa Gedung Sekretariat dan Gereja dari Paroki MRPD sedang direnovasi ulang atau dalam tahap pembangunan, maka OMK MRPD mau tidak mau harus merger bersama dengan OMK dari Paroki BMJ. Walau demikian kegiatan yang dilaksanakan sejak 16 Agustus hingga 23 Agustus 2015 ini dapat berjalan dengan baik oleh karena kekompakan dalam kolaborasi kepanitiaan baik perencanaan hingga pelaksanaannya.

Pada tanggal 16 Agustus 2015, misa perdana pembukaan PYD di Paroki BMJ dilaksanakan. Acara yang dilangsung adalah lomba-lomba dan pesta rakyat mengingat kegiatan ini tepat ketika HUT RI ke-70 dilaksanakan juga. Maka dari OMK BMJ dan MRPD berinisiatif menghidupkan acara PYD dengan semangat kemerdekaan dan pemuda. Teman-teman OMK mengangkat tema yang sangat menarik yaitu OMK Mandiri OMK Berdikari. Tema ini tak hanya diungkapkan sebagai pernyataan belaka, melainkan sebuah seruan atau refresh di kalangan OMK sedekanat Pontianak. Sebagai OMK, kita harus mandiri dan tidak perlu didikte oleh kekuatan manapun. OMK dapat berdiri di kaki sendiri dengan usaha yang mandiri dalam melaksanakan program kerja masing-masing kepengurusan OMK setiap paroki di Keuskupan Agung Pontianak. Kegiatan ini pula menjadi pemersatu kembali OMK sedekanat Pontianak yang isu-isunya mengalami vakum setelah sekian lama. Kenyataannya, antusiasme dari setiap OMK dalam mengikuti kegiatan PYD sangat tinggi. Dibimbing langsung oleh  Pastor Yulianus Astanto Adi, CM OMK Sedekanat dikumpulkan kembali meskipun hanya dihadiri oleh ketua-ketua OMK dari 7 Paroki yaitu Bunda Maria Jeruju, MRPD, Hieronimus, Sesilia, Keuskupan Agung Pontianak, dan GKKK. Dalam rapat tersebut menjadi catatan baik untuk kaum muda Katolik bahwa OMK Sedekanat harus dihidupkan kembali demi memperlancar komunikasi dan juga mengakrabkan OMK antarparoki se-Pontianak. Tak hanya itu, LKTD juga dibahas kembali oleh karena kader yang seharusnya dicetak melalui LKTD  dapat kembali berpartisipasi menghidupkan OMK. Harapan dari kita, semoga OMK terus kompak tanpa ada selentingan yang membuat solidaritas menjadi kering.

Di puncak acara Minggu, 23 Agustus 2015 misa penutupan PYD di BMJ dilaksanakan sesuai dengan agenda. Dipimpin langsung oleh Pastor Gregorius Rahmadi, Pr. misa dilaksanakan dengan penuh khidmat. Di tengah-tengah altar, berdiri salib PYD yang nantinya akan diarak ke Paroki Sesilia, Sungai Raya Dalam. Acara penutupan ini dimeriahkan oleh ramah tamah yang sebelumnya dibuka oleh kata pengantara dari Ketua Panitia, DPP dari Paroki BMJ dan Pastor Paroki MRPD yang menjadi perwakilan masing-masing Paroki penyelenggara. Ada sedikit wejangan menarik dari Pastor Gregorius Rahmadi yang bisa menjadi inspirasi bagi kaum muda yaitu keberanian untuk mempertahankan kebenaran. Inilah semangat kaum muda yang bisa menjadi inspirasi mengingat OMK harus berani menjadi tonggak penggerak dan generasi penerus gereja selanjutnya. Terima kasih kepada para panitia di bawah kepemimpinan kepantiaan saudarara Rio dan kawan-kawan, kepada Pastor Paroki BMJ dan juga MRPD, DPP dari kedua Paroki dan tak lupa jajaran OMK di bawah pimpinan Saudari Ola Tarigas dari OMK MRPD dan Willy dari OMK BMJ, MC dari kedua Paroki Saudara Baja dan Iciyang telah menyegarkan suasana dari awal acara hingga akhir, serta para donatur yang ikut serta dalam menyukseskan kegiatan PYD ini. Pemuda hebat, yang mandiri dan berdikari. Acara berjalan sesuai dengan harapan kita. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi tuan rumah selanjutnya di paroki lainnya. Damai kristus menyertai kita. 
Perlu diketahui, daftar OMK Sedekanat Pontianak antara lain dari Paroki MRPD, Paroki BMJ,  Paroki GKKK, Paroki Sesilia, Paroki Agustinus, Paroki Sui. Ambawang, Paroki Hieronimus, Paroki Stella Maris, Paroki Katedral St. Yoseph, dan Paroki GB Seng Hie.
PAX ET BONUM

(Sdr. Fransesco Agnes Ranubaya, OFS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Fransiskus Febri - Ketua OMK 2018-2021
Your actions inspire other to dream more, learn more, do more and become more.